Sabtu, 31 Maret 2012

purely sharia :D




Sudah menjadi kewajiban kita untuk maju terus seakan-akan batas kemampuan kita tidak ada..
-Pierre Teilhard de Chardin-


Hehee. Kangen banget buat nulis disini.
Langsung yukkk back to the sharing ..  

Pertama sy pengen sharing nih, tentang pengalaman nyari kerja .. hehe, setelah lulus akhir Oktober 2011 lalu, sy nggak langsung ngelamar kemana2. Sy menikmati masa-masa `pengangguran` itu, ya macem2 deh aktivitasnya, intinya menyenangkan diri dan hidup dengan super enjoy.  Setelah 2 bulan berlalu dengan cepat, awal Januari sy baru masukin lamaran kerja. Tangga-tangga impian sy bilang, bahwa sy harus nyicipin `enak nggak enaknya kerja` di dunia nyata..  dan setelah sy masukin ke beberapa tempat di awal Januari, sambil nunggu sy mulai serius nulis. Pertama sy dapet panggilan di perusahaan  provider di Surabaya. Disana keterima. Tp feeling sy nggak dapet. Istilahnya nggak ada chemistry ya,hehe.  Sy langsung balik ke Malang, sampe Malang sy dapet 2 panggilan lagi. Salah satunya ini dr Bank Muamalat. Kalau mau Flashback nih.. sy emang tertarik sekali di Bank Muamalat. Nggak tau tuh, kayak ada chemistry gitu. Hehehh. Nah, sy pilih yg Bank Muamalat. Dan dari situlah.. sebuah cerita baru di mulai.. :)

Buat yg baru mau daftar, ato mungkin udah proses seleksi, semoga ini bermanfaat yah.. :D. Totalnya ada 7 tahap tes yg sy lewati di Bank Muamalat.

Satu, kita interview disana. Dengan 3 orang. Dari HRD, Operasional, dan Marketing. Yah ditanyain tentang diri kita.. posisi yg kita inginkan.. tes ngaji.. dan pengetahuan seputar Perbankan Syariah.. kalo yg marketing, juga ditanya sdputar dunia marketing.. Penting sekali untuk prepare tes tahap ini, karena pesertanya juga banyak. Dan sebisa mungkin kita buat mereka `interest` dengan kita agar lolos kualifikasi selanjutnya..

Yg lolos tahap pertama, di hubungi lagi untuk ikut interview kedua.
Dua, Interview dengan pimpinan cabang. Yg ini interviewnya santai. Yah Cuma ditanya tentang diri kita, pengetahuan kita tentang posisi yg kita lamar, apa udh nikah ato belum, kapan rencana nikah, apa udh punya pasangan, rencana kita ke depan, kenapa pilih Muamalat dan bla bla.. jadi sy nggak tau penilaiannya dari sisi mana.. hehee. Di tahap ini, pimpinan akan menggali informasi tentang diri kita, Sampein aja dengan jujur, waktu itu sebenarnya sy ngelamar posisi CS atau Back Office. Tapi sy bilang kalo sebenarnya passion sy di dunia marketing dan komunikasi. Kemudian ditanya kenapa nggak ngelamar posisi itu?  sy bilang nggak bisa naik motor. Bapaknya bilang nggak papa, ada fasilitas mobil dan sopir dari perusahaan. Akhirnya sy puter untuk fokus di marketing. Nah, minimal kita juga tau istilah perbankan, buat yg fresh graduate ni, ntar kita di suru milih dan ditanya pake istilah perbankan.
Yg lolos tahap ini, berhak mengikuti Psikotest. Saat ditelp pihak sana, posisi sy lagi di Surabaya. Saat itu sy baru saja diterima kerja di media surat kabar Islami. Karena ~hati~ sy udah dicuri Muamalat, langsung deh sy meluncur ke Malang..

Tiga, ini pertama kali sy ikut psikotest kerja, yg pernah sy ikuti itu untuk tes bakat minat. Hehee. Lumayan, 700 soal dan sy nggak sarapan!. Nah ini kesalahan*sy, kalau mau psikotes yg harus kita persiapkan itu, minimal baaca2 gambaran soalnya. Tp yg lebih penting kita harus fokus, nggak kelaperan, fit, istirahat cukup. Jadi biar konsentrasi. Kuncinya untuk Psikotes cuma satu deh, jangan berikan informasi yg keliru tentang diri kita. Bismillah aja.. sy jawab apa adanya aja..
Kemudian interview dengan tim psikotesnya. Ya ditanyain tentang diri kita dan posisi yg kita inginkan.. Dari situ kita juga ditanya rencana nikah, jadi kayaknya informasi ini penting banget buat mereka, jadi kita jawab jujur juga. Misal emang udah mau nikah, atau masih kapan planningnya.

Yg lolos tahap ini, interview dengan pimpinan cabang yg baru. Nah, kondisi sy saat itu baru aja diterima sebagai admin purchasing untuk perusahaan ekspor impor di Batam!!, wah.. kesetiaan sy di uji untuk memilih. Seminggu ini kalau siap sy sudah harus urus semuanya untuk ke Batam. Sedangkan di Muamalat saat itu sy masih tahap tes dan belum tentu diterima. Tapi sy pilih Muamalat dan melepaskan peluang yg sudah di genggaman. Pokoknya kalau Allah yg campur tangan, sejauh apa kita mau berlari.. akhirnya kembali lagi..

Empat, Interview dengan pimpinan cabang. Ngobrol santai kok.. ya ditanya tentang diri kita .. dan rencana ke depan.. semakin baik kita mengenal diri kita sendiri, semakin lancar kita saat interview.
Yg lolos tahap ini, berhak ikut medical chek up.

Lima, Medchek gratis. Tapi kita nggak tau hasilnya, karena yg bayarin pihak Muamalat dan hasilnya langsung dikirim ke kantor. Tesnya di Laboratorium SIMA, ya tes urine, tes darah$2C mata, telinga, tinggi badan, berat badan, perut, x-ray juga..
Biasanya yg lolos medchek juga lolos ke tahap selanjutnya. Sampe tahap ini udah tinggal 5 orang. 2 orang lainnya sudah pengalaman kerja ditempat lain, 2 orang lainnya seumuran sy tapi sudah berpengalaman juga. Jadi sy harus banyak belajar kpd mereka. Harap-harap cemas, deg-degan  ..
Enam, tes materi. Materinya pengetahuan bahasa Inggris dan perbankan syariah, tajwid, tauhid, ayat Al-Qur`an, pengetahuan dasar Islam..
Nah yg lolos tahap ini, menuju tahap akhir. Yg ke 7. Sampe sy nulis posting ini, masih 3 org yg lolos ke tahap 7. Ketika di hub kali ini, kondisi sy lagi di Kereta. Sudah separuh perjalanan menuju Banyuwangi untuk tes interview di salah satu bank syariah disana, sy sampai sekitar jam 11.30 malam di Banyuwangi. Karena adanya ke Malang hanya kereta pagi jam 5, sy dan temen langsung balik ke Malang ikut kereta pagi. Alhasil sampai Malang, kondisi sy lgsg drop. Pilek berat dan batuk.

Tujuh, sy datang ke kantor sendirian. Sy pasraaaah .. Bekal sy cm tekad dn doa kedua orang tua. Dengan suara serak-serak kemarau gara2 pilek, hehee.. bu Nissa menyapa sy dengan kalimat yg super indah...

 “ Siap di tempatkan di kantor cabang Probolinggo untuk setahun ke depan? “
Sy tersenyum penuh syukur, 

“ selamat datang di dunia perbankan Syariah “ ujarnya.