Selasa, 15 Mei 2012

alhamdulillah ..

Assalamualaikum .. 

Alhamdulillah, seneng juga tetep bisa nulis di blog. Meski banyak yg repost dan harusnya udah posting jauh-jauh hari sebelumnya. Tapi nggak papa lah, yg penting .. keep on writing .. 

Nah, kali ini sy pengen cerita ni. Pengen cerita `sesuatu` yg membuat sy belajar banyak hal dari semua itu.

Pertama, repost dari proses mahasiswa yg baru lulus ke dunia kerja. Hehe.

Waktu kuliah kemarin, sy emang pengen banget dapet kerja di malang. Karena saat itu sy berpikir pengen sambil usaha juga. Sambil nulis juga. Rakus bener ya.. hehe. Karena sy kepengen banget, dan jatuh cintrong dgn tempat sy bekerja sekarang jadi udah ngincer perbankan ini sejak kuliah, sy udah lama cari info dan tanya2 gimana buat lolos disini. Juga minta doa dari kedua orang tua dan teman2, usahanya ya belajar dan mempersiapkan aja. Alhamdulillah lolos. Sy senang karena ini yg sy impikan sejak lama. Tapi ada satu hal yg mengganjal, dalam doa sy.. sy menyebutkan bahwa sy ingin ditempatkan di malang, di kantor cabangnya. Tapi ternyata sy harus di tempatkan di probolinggo, yg kalau di hitung-hitung justru lebih jauh lagi dari malang kalau mau pulang ke rumah. Terus terang awalnya sy berat hati, dan waktu itu cukup mepet. Hanya tersisa 3 hari untuk jadi berangkat kesana atau tidak sy ambil kesempatan ini. Boleh di bilang, saat itu sy galau segalau-galaunya .. hehe.

Kemudian sy minta petunjuk dari Allah, Karena masih bimbang sy pasrah sesuai izin  kedua orang tua sy. Hati sy udah 50:50. Antara iya dan tidak. Dan setelah sy sampaikan seluruh keinginan sy dan kondisi ini, jawaban bapak sy simple. “kerjakan” . beliau hanya bilang begitu. Yg artinya sy harus menghadapi pilihan ini. Sy menerima pekerjaan tersebut, dan bersedia di tempatkan di probolinggo. Kota kecil yg juga termasuk daerah tapal kuda. Dimana tidak ada satupun saudara sy disitu, tidak ada kenalan. Meski ada jauh sekali dengan tempat sy tinggal dan minim kemungkinan ketemu. Sy masih berat hati. Sampai-sampai sy nangis belum kerasan saat pertama sampai di sini. Tapi nggak lama, sebelum hari pertama sy masuk kerja, sy meyakinkan diri sy.. bahwa ini jalan yg memang sy pilih, yg memang keinginan sy untuk bekerja meski penempatannya di luar dugaan sy, yg memang sudah Allah gariskan untuk menjadi media berlatih mandiri di medan yg belum sy kenali, membangun impian sy dari nol, benar-benar dari nol, sy memang tidak punya siapa-siapa di sini, tp sy percaya, sy bersama cinta kedua orang tua sy .. wah.. dramatisir sekali ya, hehe.. 

Meski berat, sy selalu percaya.. Allah sudah menyiapkan skenario terbaik. Bismillah. Hari2 sy jalani, sy mulai punya teman baru, kenalan baru, lingkungan baru, dan semuanya yg serba baru. Dan bagi sy .. dalam pekerjaan tidak ada berkah yg lebih nikmat dari pada memiliki seorang pimpinan yg sholeh dan bijaksana. Atau teman-teman kantor yg layaknya seperti keluarga sendiri. lama-lama sy justru bersyukur, kenapa?

Untuk seorang marketing pemula seperti sy, Malang adalah daerah yg potensial dimana persaingannya sangat kompetitif. Marketing senior yg lebih berpengalaman dari sy yg ditempatkan disana. Karena kantor cabang asetnya memang harus jauh melampaui kantor cabang pembantu. Kalau di awal sy langsung disana, bisa-bisa sy kewalahan. Karena tertuntut untuk langsung professional. Jadi sy merasa, Allah benar-benar perhatian kepada sy.. IA lebih mengetahui kadar kemampuan hambaNya. Jadi sebelum kembali ke Malang sy di beri medan yg lebih lunak dari Malang. Apa disini tidak kompetitif? Sangat kompetitif juga. Tapi sejauh ini, sy bersyukur masih bisa mengatasinya. Masalah dan kendala tetap ada, tapi nggak usah di besar-besarkan. Alhamdulillah masih bisa di atasi dengan baik. Lama-lama jadi semakin banyak bersyukur. Karena ternyata jumlah pesantren disini sangat banyak sekali. Dan karena profesi sy sekarang, Alhamdulillah sy bisa menjalin silaturahm yg baik dengan banyak relasi dan kenalan baru. Karena latar belakang sy juga seorang santri, maka lebih nyambung kalau urusannya ke pesantren. Kadang lingkungan disini mengingatkan sy ke kampung halaman, dari bahasanya, nuansa pesantrennya yg sangat kental, dan sy senang sekali karena banyak sekali acara2 pesantren yg melibatkan kami. Yg pd akhirnya tugas sy untuk mewakili kantor meski sekedar hadir di acara pengajian atau HAUL pesantren. Karena inilah, sy juga berencana untuk posting tentang dunia pesantren. Hehe.. 

Kedua, marketing adalah posisi yg cenderung di hindari. Kenapa sy pilih marketing?
Sy belum ahli di bidang marketing, Cuma pada intinya sy nggak betah diem dibalik meja setiap hari. Awalnya ragu juga, sy berpikir seperti ini.. males ah.. keluar terus.. enak duduk di kantor aja.. tapi sisi lain dari diri sy bilang, kalau nggak sekarang beraninya kapan lagi? ..

Alhamdulillah, ternyata sy marketing termuda di tempat sy bekerja dari kantor cabang malang sampe pembantu. Keuntungannya, jadi di anggap ~adek~ oleh senior-senior sy yg rata2 sudah menikah dan bahkan sudah berpengalaman di tempat lain. Tapi selain keuntungannya, krisis yg sy alami adalah.. sy tertuntut untuk mengejar kemampuan mereka yg sudah ahli. Jadi kondisi sy kepepet. Sy harus belajar 10x lipat untuk bisa mencapai prestasi seperti senior sy yg lain. Kemudian, untuk karir yg lebih tinggi, maka wajib mencicipi posisi `marketing`. Karena seluruh branch manager adalah marketing. Gampangnya, yg mengerti bisnis di luar kantor atau yg punya banyak relasi adalah marketing. Maka yg di angkat menjadi BM wajib melalui tahap marketing. Itu baru sy ketahui ketika masuk. Dan  sangat di prioritaskan aktivitas para marketing di kantor. sy sangat bersyukur. 

Apalagi keuntungannya?
Menjadi marketing  membuka pintu menuju pintu yg lain ..

Kita bisa kenal dan punya relasi orang nomer satu di daerah tersebut, kita bisa silaturahim dan ngobrol langsung dengan bupati, walikota, pejabat daerah, dokter, pengusaha, kiai, dan lapisan masyarakat yg beragam dgn posisi marketing. Juga dukungan dan fasilitas penuh dari perusahaan. Jadi bukannya jalan kaki kesana, tapi di sediakan mobil + driver yg siap mengantarkan kita. 

Setiap hari kita pasti silaturahim, dimana keuntungan silaturahim sendiri adalah memanjangkan umur, rezeki, dll. Setelah tugas di kantor selesai, setiap hari kita akan silaturahim kepada orang-orang yg sudah atau akan menjalin kerjasama dengan kita. 

Dari orang yg kita temui dan beragam profesinya, kita juga mendapatkan informasi yg bagus juga mendapatkan cerita-cerita seputar profesi mereka, atau bisnis mereka. Nah dari situ kita bisa punya rekanan untuk bisnis kita sendiri. jadi selain menjalin relasi untuk kepentingan kantor, kita juga punya tambahan jaringan untuk impian kita. Misal ni, ada rekan sy yg posisinya juga marketing. Tapi dia punya bisnis rumah makan dan tempat kuliner di berbagai tempat. Karena punya banyak kenalan yg sangat membantu sekali untuk lancarnya bisnis yg ia tekuni. Ada juga rekan sy yg tertarik di dunia property, karena kenalannya juga para developer, kontraktor dll. Maka hobinya ini juga bisa di jalani di samping dia tetap menekuni profesinya sebagai marketing. Maknyuss kan? Nah itu kenapa kita nggak usah takut mencoba hal-hal baru, profesi yg penuh dengan tantangan. 

Melatih empati kita ..
Menjadi marketing, kita memang harus sabar mendengarkan keluhan klien, atau calon klien, dan tidak hanya mendengar. Kita juga dilatih untuk sangat ber empati dengan apa yg mereka rasakan, apa yg mereka inginkan. Bukan hanya mendengar, tapi mampu memberikan problem solving untuk kendala dan ketidaknyamanan mereka. Jadi kita kudu pinter juga menyimpan misal kita juga lagi banyak masalah, lagi bête dll. Di dukung performance dan hati yg tulus, kita harus tetep menerima apapun. misalnya pun di marahi. Yah di dengerin aja dan tetep dengan sopan kita tawarkan apa yg bisa kita bantu. Dan sy merasakan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari juga.. kita bisa lebih sabar dan dewasa dlm menghadapi aktivitas yg kurang menyenangkan. Dan yg penting.. semua itu butuh latihan, nggak instan. Sampe detik inipun sy masih punya banyak pe-er yg harus sy selesaikan, banyak yg harus sy pelajari, dan karena itu sy senang sekali dgn istilah “ merekah dimanapun berada “ .. nah itu tugas kita bersama2..

Terakhir,
Sy mendoakan teman2 sy semuanya. Pembaca blog ini juga. Dan biar tambah kuat doanya ada baiknya kita saling mendoakan.
Sy minta doanya, mudah-mudahan one day novel sy tetep bisa terbit. Karena selain menekuni profesi sy dan belajar tentang dunia ekonomi khususnya perbankan. Sy tetep nulis, bisa di sela jam istirahat kantor, di saat wiken dan hari libur. Jadi semoga diberikan kemudahan dlm proses penulisan dan penerbitannya nanti.. dan yg nggak kalah penting, semoga tulisan sy bermanfaat dan menghibur bagh yg membaca.. 

Juga, semoga dream-dream sy yg lain bisa sy wujudkan step by step, dgn pertolongan Allah dan semangat pantang menyerah. Sehingga suatu hari nanti saat sy harus kembali ke medan yg lebih keras lagi.. sy bisa siap. Dan kita sama2 siap.
Sampai jumpa di posting berikutnya yah ..

Jaga kesehatan teman2 :D
Wassalam. Wr. Wb.